Syarat-syarat Perkawinan Menurut Undang-Undang RI 16 Tahun 2019

Setelah Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan berlaku maka untuk melaksanakan perkawinan harus dipenuhi syarat-syarat perkawinan.

Syarat-syarat perkawinan menurut Undang-Undang Republik Indonesia 16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 adalah sebagai berikut :

  1. Perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita sudah mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun.
  2. Dalam hal terjadi penyimpangan terhadap ketentuan umur sebagaimana dimaksud pada ayat (1), orang tua pihak pria dan/atau orang tua pihak wanita dapat meminta dispensasi kepada Pengadilan dengan alasan sangat mendesak disertai bukti-bukti pendukung yang cukup.
  3. Pemberian dispensasi oleh Pengadilan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) wajib mendengarkan pendapat kedua belah calon mempelai yang akan melangsungkan perkawinan.
  4. Ketentuan-ketentuan mengenai keadaan seorang atau kedua orang tua calon mempelai sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (3) dan ayat (4) berlaku juga ketentuan mengenai permintaan dispensasi sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dengan tidak mengurangi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6 ayat (6).

Perubahan terjadi pada Pasal 7 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 yang sebelumnya menyatakan bahwa perkawinan hanya diizinkan apabila pihak pria mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pihak wanita sudah mencapai usia 16 (enam belas) tahun

Berdasarkan ketentuan tersebut akan terjadi kemungkinan perkawinan dalam usia anak pada anak wanita hal ini berlandaskan pada Pasal 1 angka 1 Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Pelindungan Anak yang didefinisikan bahwa anak adalah seseorang yang belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yang masih dalam kandungan.

Lampiran Download Undangan-undang Perkawinan

Download UU No. 16 Tahun 2019

Download UU No. 1 Tahun 1974

Artikel Hukum Perkawinan Dalam Islam dikutip dari buku HUKUM ISLAM MUNAKAHAT yang ditulis oleh Dr. Riana Kesuma Ayu, SH. MH.

Untuk mendapatkan buku Hukum Islam dalam format aplikasi Android melalui link berikut:

Buku Hukum Islam Munakahat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.