Pentingnya Perkawinan Dalam Hukum Perkawinan (Munakahat)

Pengertian Hukum Perkawinan

Hukum perkawinan yaitu hukum yang mengatur tentang perkawinan yang dalam istilah agama disebut nikah.

Hukum perkawinan (munakahat) dalam Agama Islam mempunyai kedudukan yang sangat penting, oleh karena itu peraturan-peraturan tentang perkawinan ini diatur dan diterangkan dengan jelas dan terperinci.

Arti Pentingnya Perkawinan Bagi Manusia.

Adapun arti pentingnya perkawinan bagi kehidupan manusia pada umumnya dan khususnya bagi orang Islam adalah sebagai berikut :

Pergaulan Antara Pria dan Wanita Menjadi Terhormat dan Halal

Dengan melaksanakan perkawinan yang sah dapat terlaksana pergaulan hidup manusia baik secara individual maupun kelompok antara pria dan wanita secara terhormat dan halal, sesuai dengan kedudukan manusia sebagai makhluk yang terhormat diantara makhluk-makhluk Tuhan yang lain.

Terbentuknya Rumah Tangga Yang Damai

Dengan melaksanakan perkawinan dapat terbentuk satu rumah tangga dimana kehidupan dalam rumah tangga dapat terlaksana secara damai dan tenteram serta kekal dengan disertai rasa kasih sayang antara suami isteri.

Memperoleh Keturunan Yang Sah

Dengan melaksanakan perkawinan yang sah dapat diharapkan memperoleh keturunan yang sah dalam masyarakat sehingga kelangsungan hidup dalam keluarga dan keturuanannya dapat berlangsung terus secara jelas dan bersih.

Terbentuknya Sebuah Keluarga

Dengan terjadinya perkawinan maka timbullah sebuah keluarga yang merupakan inti dari hidup bermasyarakat, sehingga dapat diharapkan timbulnya satu kehidupan masyarakat yang teratur dan berada dalam suasana damai.

Sesuai Aturan Beragama (Khususnya Islam)

Melaksanakan perkawinan dengan mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah diatur di dalam Al-Qur’an dan Sunnah Rasul adalah merupakan salah satu ibadah bagi umat Islam.

Artikel ini disadur dari Buku Hukum Islam yang ditulis Dr. Riana Kesuma Ayu, SH. MH. Anda bisa membeli buku tersebut dalam bentuk aplikasi android di Google Playstore dengan mengunjungi link berikut:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.pustakadata.ebookhukumislam

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.